Rabu, 12 April 2017

MATA SEBAGAI INDRA PENGLIHAT PADA MANUSIA

MATA SEBAGAI INDRA PENGLIHAT PADA MANUSIA


Mata merupakan indera penglihatan. bentukBOLA mata bulat seperti bola bekel atau pingpong dengan diameter  kurang lebih 2 cm dan berada sebagian besar di dalam rongga tengkorak.
mata terdiri atas bagian-bagian yang berperan penting dalam proses penglihatan. Selain itu, mata disertai bagian-bagian yang melindungi mata.




Bagian-bagian yang melindungi mata terdiri dari :


Hasil gambar untuk mata sebagai indra penglihatan

1. alis mata.
alis mata merupakan rambut (bulu ) yang terletak di atas mata. alis mata berguna untuk melindungi mata dari keringat yang mengalir dari dahi.

2. kelopak mata
Kelopak mata terdiri dari kelopak atas dan kelopak baah. Kelopak mata berguna untuk melindungi mata dari benda-bnda asing, misalnya debu, asap dan keringat

3. Bulu mata
Bulu mata merupakan rambut yag terletak di kelopak mata, bulu mata juga berguna untuk melindungi mata dari benda asing.

4. Kelenjar air mata
kelenjar air mata berfungsi untuk menghasilkan air mata yang berguna untuk membasahi mata agar mata tidak kering, ai mata juga berfungsi sebagai pelumas agar mata mudah untuk di gerakkan.

Komponen mata
  1. Kornea (selaput bening), fungsi kornea untuk meneruskan cahaya yang masuk kedalam mata. Kornea mata tidak berwarna dan tidak mempunyai pembulu darah. Kerusakan pada kornea mata dapat menyebabkan kebutaan.
  2.  Iris (selaput pelangi) dan pupil (anak mata), iris berupa selembar otot yang teletak dibelakang kornea. Iris bekerja sama dengan pupil mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata sehingga sesuai dengan kebutuhan. dalam cahaya terang, otot-otot iris mengerut dan menyebabkan pupil mengecil. mengecilnya ppupil akan menghentikan cahaya agar tidak terlalu banyak masuk ke mata. dalam cahaya redup, otot-otot iris menjadi relaks sehingga pupil melebar. melebarnya pupil memungkinkan cahaya semakin banyak masuk ke mata.
  3. Lensa, lensa terletak di belakang anak mata (pupil) dan selaput pelangi. Fungsi lensa adalah memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata agar jatuh tepat pada retina. Lensa mata mempunyai kemampuan untuk mencembung dan memipih untuk memfokuskan jatuhnya cahaya. kemampuan lensa mata untuk mengubah kecembungannya disebut daya akomodasi.
  4. Badan bening, terletak dibelakang lensa. bentuknya seperti agar-agar. fungsi badan bening yaitu untuk meneruskan cahaya yang telah melewati lensa cahaya selanjutnya dusampaikan ke selaput jala.
  5. Retina (selaput jala), selaput jala merupakan selaput yang terletak paling belakang. Selaput j9ala menerima cahaya yang diteruskan oleh bagian-bagian mata di depannya pada selaput jala 9terdapat ujung-ujung saraf penerima.
  6. Saraf mata, saraf mata berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya yang telah diterima. Ransangan cahaya tersebut diteruskan ke susunan saraf pusat yang berada di otak.  Dengan demikian kita apat melihat suatu benda.
Hasil gambar untuk mata sebagai indra penglihatan
CARA KERJA MATA
Mata bekerja saat menerima cahaya, tanpa cahaya mata tidak dapat menjalankan fungsnya. Cahaya memasuki mata melalui pupil. Lensa mata mengarahkan cahaya sehingga bayangan benda jatuh pada retina keudian ujung-ujung saraf penerima yang ada di retinya menyampaikan bayangan benda itu ke otak. Seteelah diperoses di otak, barulah kita dapat melihat benda itu.

 KEPEKAAN MATA TERHADAP RANGSANGAN
kemampuan mata setiap orang untuk melihat dapat berbeda-beda hal tersebut disebabkan karena perbedaan kepekaan. Ada yang tahan dengan chaya yang banyak, ada juga yang tidak tahan. Ada orang yang dapat melihat dalam suasana redup dan ada juga yang tidak dapat. Ada orang yang lensa matanya dapat berakomodasi dengan baik dan ada juga yang tidak.

KELAINAN DAN PENYAKIT PADA MATA
  1. Miopi (rabun jauh), ketidak mampuan mata untuk melihat benda yang jauh dengan jelas. Dapat diatasi dengan lenca cekung.
  2. Hipermetropi (rabun dekat), adalah ketidak mampuan mata untuk melihat benda yang dekat dengan jelas. dapat diatasi dengan lensa cembun.
  3. Presbiopi (mata tua), adalah ketidak mampuan mata untuk melihat benda yang dekat dan jauh dengan jelas. dapat diatasi dengan lensa ganda (cembung dan cekung).
  4. Rabun senja, adalah kelainan mata berupa ketidak mampuan mata untuk meihat di senja hari.
  5. Buta warna, adalah kelainan mata berupa ketidak mampuan mata untuk melihat warna-warna tertentu.
  6. Mata merah, terjadi karena mata kemasukan benda asing. akibatnya mata terasa gatal dan perih.
  7. Katarak, biasanya menyerang orang lanjut usia. Mata penderita katarak tampak diselimuti lapisan putih. 
Berberapa kelainan dan penyakit mata dapat dicegah dengan melakukan hal-hal berikut:
  • Makan-makanan yang banyak mengandung vitamin A. 
  • Menjaga kebersihan mata
  • Membiasakan Membaca buku dengan jarak sekitar 30 cm dengan penerangan yang cukup
  • Segera memeriksakan diri ke dokter mata jika mata mulai tidak mampu melihat dengan baik

Sumber :



Video terkait :

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar