Minggu, 26 Maret 2017

GELOMBANG TRANSVERSAL

GELOMBANG TRANSVERSAL

Kelompok 6 :

  • Carla Laksita C         04/VIII E
  • Fennyta Christa N    08/VIII E
  • Stefanus Verel A      19/VIII E
  • Vergina Putri U         20/VIII E

Pengertian Gelombang
Getaran dan gelombang merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita telah mengenal istilah gelombang, seperti gelombang air laut, gelombang Tsunami, gelombang radio, dan sebagainya. Apa yang dimaksud dengan gelombang?

Secara sederhana dapat didefinisikan bahwa gelombang adalah getaran yang merambat. Terjadi gelombang karena adanya peristiwa getaran, namun terjadinya getaran belum tentu menyebabkan gelombang.

Syarat perlu agar suatu gelombang terjadi adalah adanya medium dan energi. Sedangkan, gelombang yang tidak memerlukan medium dalam perambatannya adalah gelombang elektromagnetik.


Pengertian serta Macam-macam Jenis Gelombang (Transversal dan Longitudinal) dilengkapi dengan Rumus Periode dan Frekuensi Gelombang
Pada gambar di atas terlihat tali diikatkan pada sebuah paku di tembok. Tali tersebut kemudian diusik oleh tangan yang digerakkan naik-turun. Mengapa tali tersebut bergelombang?


Hal ini terjadi karena ada perpindahan energi dari tangan ke partikel pada tali. Kemudian, energi itu diteruskan ke partikel selanjutnya, terus sampai ujung tali sehingga terjadi perpindahan energi dari satu ujung tali ke ujung yang lain.


Partikel-partikel tali tersebut tidak ikut berpindah, yang berpindah hanyalah energi. Karena hal tersebut, maka gelombang disebut pula energi yang merambat.


Sebagai bukti bahwa partikel-partikel tali tidak ikut berpindah, dapat diikatkan beberapa pita yang berbentuk cincin (ikat longgar) pada tali tersebut seperti pada gambar berikut.


Pengertian serta Macam-macam Jenis Gelombang (Transversal dan Longitudinal) dilengkapi dengan Rumus Periode dan Frekuensi Gelombang
Walaupun pita-pita tersebut diikat secara longgar, saat tali bergelombang pita tidak berpindah tempat menjadi makin maju. Pita-pita tersebut hanya bergerak naik-turun saja.


a. Gelombang Transversal


Pada saat gelombang mencapai simpangan maksimum ke arah atas, titik ini disebut titik puncak gelombang. Sedangkan, pada saat gelombang mencapai simpangan maksimum ke arah atas, titik ini disebut titik lembah gelombang.


Jarak antara garis normal dan puncak atau lembah disebut amplitudo. Panjang satu gelombang adalah jarak antara dua titik yang memiliki fase gelombang yang sama.
Contoh dari panjang satu gelombang adalah jarak antara dua puncak gelombang, jarak antara dua lembah gelombang, atau seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut ini.
Contoh lain dari gelombang transversal adalah gelombang listrik dan gelombang elektromagnetik.




Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatannya. Pada di atas, arah getaran dari tali adalah ke atas dan ke bawah, sedangkan arah rambat gelombang ke arah kanan.



Pengertian serta Macam-macam Jenis Gelombang (Transversal dan Longitudinal) dilengkapi dengan Rumus Periode dan Frekuensi Gelombang


Contoh dari gelombang transversal adalah gelombang air. Jika kita perhatikan pada saat kerikil dilemparkan ke kolam, maka pada air kolam akan terjadi gelombang transversal. Arah getaran air naik-turun, sedangkan arah rambat gelombang menyebar membentuk lingkaran ke arah sisi.


Cara menghitung :

Jarak = 160 cm (4 ubin)
Waktu = 1 sekon

v = jarak : waktu
      160 cm : 1 sekon
v = 160 cm/s

 Ayo Kita Coba
Hal 74

  1. kemanakah arah rambat gelombang ?
         Jawab : gelombang merambat tegak lurus dengan arahg getarnya. 
     2. Apakah arah getar dengan arah rambat gelombang tegak lurus ?
         Jawab : Ya











Tidak ada komentar:

Posting Komentar